Selasa, 20 Januari 2015

SKRIPSI “Sistem Informasi berita elektronik pada semenanjung televisi (STV) berbasis website menggunakan pemodelan waterfall”.



BAB  I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Masalah
            Semenanjung Televisi (STV) adalah salah satu media elektronik yang ada di kota batam Provinsi Kepulauan Riau. Berita yang di sajikan adalah peristiwa/kejadian informasi di Kepri seperti  berita kriminal, ekonomi, dan iklan layanan masyarakat. STV juga memeiliki beberpa program seperti: Ragam berita malam, Halo STV,  Kabar siang dan Talk show.
STV selama ini belum dapat meyebarkan berita/informasi yang di liput oleh wartawannya, sehingga informasi yang di olah dan disajikan  (STV) belum menyebar secara luas. Hal ini disebabkan belum tersedianya fasilitas yang mendukung hal tersebut terjadi, misalnya ketersedian website sebagai sarana penyebaran informasi/berita STV.
Pemodelan waterfall atau air terjun adalah model yang dikembangkan untuk pengembangan sistem perangkat lunak. Model pengembangan sistem berkermbanga secara sistematis dari satu tahap ke tahap lain dalam model seperti waterfall.
Model ini mengusulkan sebuah pendekatan kepada pengembangan software yang Sistematik dan sekuensial yang mulai dari tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis,desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Model ini melingkupi aktivitas-aktivitas sebgai berikut: rekayasa dan pemodelan sistem informasi, analisis kebutuhan, desain, koding,mengujian dan pemeliharaan.
Dengan berkembangan sistem informasi dan pengembangan perangkat lunak dengan media internet/website yang penulis lihat seperti harianbatampos.com, sctv-online.com yang ada internetnya, maka penulis mencoba untuk merancangan website yang bertujuan memberikan informasi dan berita seperti Semanjung TV, untuk memperkenalkan kepada masyarakata dan memberikan informasi dan berita Semanjung TV dapat memberikan informasi menjadi lebih luas dan lebih dikenal oleh banyak pembaca sehingga dipilihlah internet yang merupakan salah satu media yang untuk hal tersebut, selain tidak terbatas pada waktu, internet juga dapat diakses oleh siap saja (walaupun belum seluruhanya masyarakat indonesia mengenal internet dan bisa mempergunakan internet tersebut) dan ditempat yang mempunyai jangkauan yang lebih luas.
Internet/website dapat digunakan sebagai media publikasi kepada masyarakat yang luas dan dapat digunakan sebagai pendukung kegiatas Semanjung TV kota Batam sendiri, baik berupa masukan kritik dan saran kepada STV untuk lebih berkembang dalam hal memberikan keakuratan dan kelengkapan informasi dan berita yang disajikan kepada para pembaca STV.
Berdasarkan urain diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian Tugas Akhir dengan judul Sistem Informasi berita elektronik pada semenanjung televisi (STV) berbasis website menggunakan pemodelan waterfall”.

1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah merancang sebuah website menggunakan pemodelan waterfall  di STV ? 
2.      Bagaimanakah mengimplementasikan website menggunakan pemodelan waterfall di STV  ?                   

1.3       Batasan Masalah
Agar pembahasan tidak melebar, maka penulis membatasi masalah yaitu Pembangunan website STV dengan penerapan pemodelan waterfall menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database My-SQL.

1.4       Tujuan Penelitian
     Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Merancang dan menghasilkan website sistem informasi yang dapat memberikan  informasi secara cepat dan up to date sistem Informasi elektonik pada Semenanjung Televisi (STV) berbasis website mengunakan pemodelan waterfall.
2.    Merancang dan menghasilkan website sebagai sarana koordinasi antara wartawan dan pimpinan redaksi (pimpred).
3.    Merancang dan menghasilkan website yang memiliki fasilitas interaksi dengan pengguna, sehingga redaksi  (pimpred)  dapat mengambil informasi berita di lapangan.

1.5       Manfaat Penelitian
     Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Layanan informasi berita elektronik pada Semenanjung Televisi dapat disampaikan secara mudah dan cepat, baik bagi pimpinan redaksi maupun masyarakat
2.    Memudahkan Koordinasi antar wartawan dan pimpred dapat dilakukan lebih efektif.

1.6       Sistematika Penulisan
            Tujuan dari pembuatan  sistematika penulisan adalah untuk menentukan gambaran tentang sistem penulisan skripsi ini serta mempermudah bagi pembaca untuk mencari informasi. Dalam penyusunannya, penulis menyajikan skripsi ini ke dalam V (lima) bab, yang terdiri dari:

B A B   I         PENDAHULUAN
Bab ini memaparkan  latar belakang masalah, rumusan masalah,  batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian serta sistematika penulisan.

B A B   II        LANDASAN TEORI
Bab  ini menguraikan tentang teori yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Diantaranya pengertian sistem, karakteristik sistem, sistem komputerisasi,  aspek-aspek  dasar  sistem,  pembangunan sistem komputerisasi, implementasi sistem komputerisasi, Sistem Informasi Manajemen (SIM), pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM), tujuan sistem informasi manajemen ( Pemodelan Waterfall), database,  konsep  database,  kegunaan  database  ataupun syarat database.

B A B  III       METODOLOGI  PENELITIAN
Bab ini memuat uraian tentang waktu dan tempat penelitian, sumber data, metode pengumpulan, metode pengolahan data, perancangan sistem, implementasi, analisa dan pembahasan serta kesimpulan dan saran.

B A B IV        IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Pada bagian ini akan dijelaskan cara mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi dan pengelolahan data yang didapatkan. Juga mengenai sistem yang sedang berjalan, struktur program dan serta tabel, relasi tabel dari sistem informasi yang dibuat.

BAB V           KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bagian ini penulis akan menyajikan hasil-hasil pengolah data dan  menjelaskan sistem aplikasi yang sedang berjalan, struktur program serta aplikasi hasil rancangan dan pengujian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar